Penyebab Gangguan Haid

Penyebab Gangguan HaidMenstruasi merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Kejadian tersebut akan berlangsung tiap bulan dan merupakan suatu proses normal bagi perempuan pada umumnya.

Usia normal perempuan mendapatkan haid untuk pertama kalinya (menarche) adalah 12 atau 13 tahun., tetapi ada juga sebagian perempuan yang mengalami haid lebih awal (usia 8 tahun) atau lebih lambat yaitu diatas 18 tahun. Menstruasi ini akan berhenti pada usia sekitar 40-50 tahun. Siklus normal terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan lama 4-7 hari, jumlah darah haid normal sekitar 30-40 ml. Menurut hitungan para hitungan para ahli perempuan akan mengalami 566 kali haid selama hidupnya.

Penyebab Gangguan Haid

Penyebab Gangguan Haid

Sebagian perempuan mengalami haid yang tidak normal. Gangguan ini jangan didiamkan karena dapat berdampak serius, haid yang tidak teratur mislanya dapat menjadi pertanda seorang perempuan kurang subur (infertil). Gangguan yang terjadi saat haid dinilai normal jika terjadi selama dua tahun pertama setelah haid pertama kali.

Gangguan dan kelainan menstruasi ada beberapa macam, yaitu :

Sakit Haid (DISMENORRHOE)

Pada saat menstruasi perempuan kadang mengalami nyeri. Sifat dan tingkat nyeri bervariasi, tergantung dari ambang batas sakit perempuan tersebut masing-masing. Rasa nyeri yang berlebihan disebut dismenorrhoe.

Nyeri haid ada 2 macam:

  • Primer, timbul dari haid pertama dan akan hilang sendiri dengan berjalannya waktu, hal ini disebabkan oleh kestabilan hormon dalam tubuh atau posisi rahim setelah menikah dan melahirkan. Gejala ini tidak membahayakan. Gejala ini bisa timbul berlebihan karena dipengaruhi faktor psikis dan fisik (ketahanan tubuh)
  • Sekunder, biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit atau kelainan menetap, seperti infeksi rahim, kista, tumor atau kelainan kedudukan rahim.

Sindrom Pramnestruasi (Pre Menstrual Syndrome/Pre Menstrual Tension/PMT) Adalah kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat haid dan ovulasi.

Penyebab Gangguan Haid

  • Tidak seimbang antara hormon estrogen dan progesteron, antara lain defisiensi progesteron
  • Perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormon seks dalam sel
  • Gangguan perasaan, faktor kejiwaan, masalah sosial
  • PMT lebih mudah terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap efek siklus hormon ovarium yang normal

Penyebab gangguan haid pada wanita bisa disebabkan juga karena beberapa hal dibawah ini :

  1. Tekanan
    Biasanya wanita dengan usia subur jika mengalami stres yang berkepanjangan maka akan menghambat fungsi dari kelenjar pituitary. Dan ovarium tidak bisa lagi menghasilkan sekresi dari hormon estrogen sehingga menyebabkan terjadinya gangguan haid terjadi.
  2. Kedinginan
    Penyebab terjadinya gangguan haid bisa terjadi akibat dari wanita yang selalu ingin terlihat menarik bahkan saat musim dingin datang. Menggunakan pakaian dengan bahan tipis yang membuat tubuh akan mengalami menggigil saat siklus haid datang dan terjadi suatu vasokonstriksi dibagian panggul yang membuat disfungsi pada ovarium sehingga aliran darah pada menstruasi menjadi tidak lancar dan mengalami amenore.
  3. Elektromagnetik
    Penyebab gangguan siklus haid pada wanita juga bisa disebabkan oleh telepon, internet, oven microwave, telepon tanpa kabel, penyedot debu, dan juga berbagai peralatan rumah tangga yang lainnya dan juga alat elektronik yang digunakan dan menghasilkan suatu gelombang elektromagnetik, dan efek jangka panjang dari gelombang elektromagnetik ini sangat buruk bagi kesehatan manusia yang akan membuat gangguan pada hormon endokrin, hat serta organ reproduksi wanita.
  4. Sembelit
    Salah satu penyebab gangguan haid yang terjadi pada wanita adalah karena sembelit. Kapasitas dari tinja yang ada di dalam rektum akan menjadi tinggi dan pada akhirnya membuat rahim tergeser miring ke belakang. Jika posisi rahim ini bertahan dalam waktu lama. Maka tekanan vena dalam ligamentum yang luas menjadi tidak bisa mengalir pada dinding rahim yang menyebabkan elastisitas akan hilang dan membuat pinggang menjadi sakit dan mengalami gangguan haid.

Cara mengatasi penyebab gangguan haid pada wanita adalah dengan menjaga kesehatan tubuh tetap fit. Caranya adalah hindari kensi makanan yang mengandung lemak tinggi, selain itu konsumsilah makanan yang tinggi serat dan makan buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian yang masih utuh. Banyak dokter yang mengakui bahwa manfaat dari diet pada wanita hampir sama manfaatnya dengan minum obat-obatan untuk menghadapi dari beberapa jenis penyakit tertentu.

Selain itu, terapi nutrisi juga adalah salah satu andalan yang paling utama dari para ahlu naturopati, bahkan sebagai salah satu amunisi utama, mereka menggunakan food suplement yang di dalamnya mencakup kebutuhan vitamin, nutrisi, mineralk, enzim, asam amino, ster antioksidan, hormon dan juga herbal. Nutrisi yang bermanfaat untuk terapi pereda sakit haid adalah lemak esensial yang banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan dan juga minyak ikan agar bisa membantu meningkatkan produksi dari prostaglandin inflamatorik untuk membantu mengendalikan peradangan yang terjadi.

Penyebab Gangguan Haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gangguan Haid and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyebab Gangguan Haid

  1. obat nyeri haid says:

    artikel yang sangat informatif..,btw saya mau nanya jamu diatas harganya berapa ya,dan bolehkah saya menjadi agen?bagaimana caranya?tnks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>