Macam-Macam Gangguan Haid

Irama hidup wanita itu diatur oleh pasang surut gelombang hormon tubuhnya. Saat hormon yang satu sedang pasang yang lain surut. Menstruasi merupakan tanda untuk menentukan tingkat kesuburan seorang wanita yang ditanda oleh keluarnya darah dari liang vagina setiap bulan yang berlangsung hingga 7 -8 hari.

Namun, beberapa wanita ada pula yang mengalami masalah dengan menstruasi baik dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, keluarnya darah menstruaso yang sedikit dan singkatnya waktu mentruasi yang dialami (tidak normal).

Masalah menstruasi yang dialami beberapa wanita, seperti :

1. Daur haid lebih pendek (Polymenorrhoe)

Kasus ini terjadi jika daur haid lebih pendek dari 21 hari, sedang darahnya lebih banyak dari biasa. Penyebabnya basanya ada di indung telur (ovarium). Mungkin sebab adanya ganggua hormonal, atau sel telur (ovum) tidak diproduksi, atau adanya kemungkinan tumbuh lapisan rahim (endometrium ) di luar rahim (endometriosis).

2. Daur haid lebih panjang (Oligomenorrhoe)

Panjangnya daur haid lebih dari 35 hari, sedang darahnya sedikit. Haid sering tidak datang. Bahkan mungkin lebih 3 bulan tidak haid (amenorrhoe). Kasus demikian tidak selalu berarti kasus tidak subur.

3. Tidak haid-haid (Amenorrhoe)

Kasus tidak haid ada yang primer kalau sejak aawal seorang wanita belum pernah mengalami menstruasi. Kemungkinana ada kelainan genetik, atau cacat organ reproduksi bawaan.

4. Tidak kelihatan haid, padahal haid (Cryptomenorrhoe)

Sebetulnya haidnya berlangsung di dalam rahim, namun darahnya tidak tampak keluar dari liang vagina. Kemungkinana ini tergolong kasus selaput dara tidak berlubang. Yang sama terjadi juga apabila leher rahimnya menutup, sehingga darah dari rongga rahim tidak bisa mengalir memasuki saluran vagina. OLeh karena leher rahim terkatup rapat, maka darha haid menumpuk di dalam rongga rahim.


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gangguan Haid and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>