Gangguan Nyeri Haid

Gangguan nyeri haid atau dismenore adalah haid yang nyeri yang terjadi tanpa tanda-tanda infeksi atau penyakit panggul. Dismenore biasanya terjadi akibat pelepasan berlenihan prostaglandia tertentu, prostaglandin F2 alfa dari sel0sel endometrium uterus. Prostaglandin F2 alfa adalah suatu perangsang kuat kontraksi otot polos miometrium dan kontriksi pembuluh darah uterus. Hal ini memperparah jipoksia uterus yang secara normal terjadi pada haid, sehingga timbul rasa nyeri hebat. Bagi sebagian besar wanita, obat-obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang menghambat pembentukan prostaglanding.

Gangguan Nyeri haid

Gangguan Nyeri haid

Ada wanita yang nyeri haidnya luar biasa. Gangguan nyeri haid abnormal biasanya pulih sendiri setelah menjadi hamil. Penyebabnya kemungkinan akibat posisi rahim bukan yang normal biasa. Mungkin posisi rahim menunduk, atau bisa juga kelewat menengadah. Nyeri haid sesaat lazim dialami pula pada saat keluarnya sel telur matang (ovulasi), yakni 14 hari sebelum haid yang bakal datang. Pada saat sel telur menetas dari indung telur, bisa terjadi keluhan nyeri yang tidak enak juga. Wanita dengann nyeri kalau haid berpotensi mengganggu hari-hari nya. Agar merasa tidak terganggu sebaiknya minta resep dokter untuk mengendurkannya.

Gangguan nyeri haid bisa primer, kalau keluhan itu sudah ada sejak pertama kali haid (menarche). Keadaan ini biasanya tidak ada hubungannya dengan kesuburan. Sifat nyerinya mungkin kejang berjangkit-jangkit, terasa dibagian perut bawah yang biasa menjalar ke pinggang dan paha. Mungkin pula disertai mual dan muntah, serta nyeri kepala. Jika hebat bisa sampai kolik mulas melilit, dan tak bisa melakukan aktivitas apapun.

Penyebab gangguan nyeri haid bisa berasa dari empat sumber , yaitu :

  1. Jiwa yang labil atau stres
  2. Konstibusi tubuh memang lemah, kurang darah atau anemia, dan mengidap penyakit menahun.
  3. Faktor sumbatan pada saluran leher rahim pada kasus dengan posisi rahaim kelewat menunduk ke depan (hyperaneflexy) sehingga leher rahim kelewat tertekuk menjadikan saluran leher rahim tercekik. Oleh karena leher rahim temoat darag haid mengalir tercekik, maka darah haid tak bisa lampias keluar melewatinya. Tak lampiasnya darah haid mengalir yang menimbulkan keluhan nyeri.

Posisi rahim normal umumnya tidak terlalu menunduk, sehingga saluran leher rahim jalan keluarnya darah haid tidak terbebat. Faktor lain penyebab nyeri haid berlebihan dapat pula datang dari pengaruh hormone estrogen dan prostaglandin yang menjadikan rahim sangat mengejang (berkontraksi) selain dapat pula oleh kemungkinanĀ  sebab memiliki bakat alergi.

Kasus gangguan sakit haid primer umumnya tidak ada hubungannya dengan kandungan. Namun dismenore secunder atau nyeri haid yang baru muncul belakangan dan dulunya idak pernah, bisanya berhubungan dengan adanya penyakit, atau kemungkinan ada kelainan kandungan. Bisa juga sebab ada peradangan saluran telur (salphingitis) tumor rahim, menyempitnya leher rahim, atau oleh adanya endometriosis atau tumbuhnya lapisan rahim endometrium yang tersasar diluar rahim

Cara mengatasi gangguan haid dengan sakit haid nyeri pada pinggul dan perut bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa diramu untuk cara mengatasi gangguan haid adalah :

  1. Valerian
    Valerian merupakan tanaman herbala alami yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah susah tidur atau penyakit insomnia. Akibat dari kurang tidur pada wanita yang sedang mengalami menstruasi adalah produksi serotonin yang menurun yang membuat nilau ambang sakit menjadi lebih rendah dan membuat wnaita menjadi lebih sensitif pada rangsangan munculnya rasa sakit. Dengan mengatasi masalah susah tidur terlebih dahulu, valerian ini bsia membantu menghilangkan gangguan haid atau sakit haid, membantu menguatkan sistem imun tubuh, dan memulihkan kembali kesegaran tubuh.
  2. Ginseng
    Cara mengatasi gangguan haid dengan menggunakan ginseng. Karena ginseng bermanfaat sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan glikosida terpenoid ginsenoside dengan manfaat untuk membantu meningkatkan energi, kerja otak, dan juga mengatur pembuluh darah. Ginseng juga sudah terbukti bisa membantu memulihkan kembali sistem imun tubuh jika mengalami kerusakan akibat dari kemoterapi untuk membantu mengobati kanker. Ginseng korea mempunyai efek yang adekuat dalam meningkatkan sel imun di dalam darah dibandingkan menggunakan ginseng Siberia.
  3. Teh hijau
    Mengatasi gangguan nyeri saat haid dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau mempunyai manfaat menurunkan potensi dari terjadinya penyakit kanker, membantu mengontrol kolesterol tinggi di dalam darah dan juga untuk membantu memperbaiki fungsi hati. Kandungan yang ada di dalam teh hijau adalah kandungan epigalo katekin galat dan senyawa flavonoid polifenol yang lumayan tinggi di dalam sari daun teh hijau yang mempunyai manfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab dari gangguan pada fungsi tubuh.
  4. Daun dewa
    Atau bisa menggunakan daun dewa untuk mengatasi gangguan haid pada wanita. Ambillah umbi daun dewa secukupna saja. Dicampur air dan kemudian diblender. Jika sudah diblender, maka minumlah ramuan ini sehari sekali.

Gangguan Nyeri haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gangguan Haid and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *