Gangguan Haid

Gangguan Haid – Menstruasi adalah siklus alami pada tubuh anda. Siklus menstruasi pertama umumnya akan terjadi pada gadis saat mereka memasuki masa pubertas, yaitu antara pada usia 8 hingga 16 tahun. Siklus ini kebanyakan yang dimulai pada usia 12 tahun atau sekitar 2 sampai 3 tahun setelah payudara mulai tumbuh.

Gangguan Haid

Gangguan Haid

Mereka juga akan mungkin mengalami menstruasi pada usia pertama yang sama dengan ibu atau kakak perempuan mereka, menstruasi sendiri akan berlangsung sampai menopause tiba. Menopause biasanya akan terjadi pada wanita usia 40 tahun hingga pertengahan usia 50 tahun. Siklus menstruasi umumnya akan muncul pada tiap sekitar 4 minggu, dimulai sejak dari pertama menstruasi sampai pertama menstruasi berikutnya akan tiba. Tetapi tidak semua wanita akan mengalami siklus yang sama. Pada wanita yang berusia 40 tahun dan gadis remaja yang lebih cenderung memiliki siklus yang lebih lama.

Hormon estrogen dalam tubuh wanita akan semakin meningkat pada tiap siklus menstruasi untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya pada masa kehamilan. Masa ovulasi pada pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan semakin menebal. Jika tidak dapat dibuahi, maka sel telur akan diserap tubuh dan dinding rahim yang sudah menebal akan luruh, kemudian akan mengalir keluar dari tubuh yang bercampur darah.

Gejala Haid

Saat menstruasi, wanita akan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2-7 hari dengan volume darah rata-rata sekitar 40ml. Tetapi ada juga sebagian wanita yang mengeluarkan darah yang lebih banyak. Volume pendarahan terbanyak selama menstruasi biasanya terjadi pada hari pertama dan kedua.

Gangguan haid juga dapat berubah, tergantung kondisi Anda. Perubahan ini memang tidak perlu dicemaskan karena belum tentu mengindikasikan masalah kesehatan. Tetapi disarankan bagi Anda untuk tetap memeriksakan diri ke dokter jika mengalami kondisi gangguan pada siklus menstruasi.

Dalam siklus menstruasi, perubahan kadar hormon di dalam tubuh wanita akan terjadi, khususnya pada masa sebelum menstruasi. Berubahnya jumlah hormon dapat menyebabkan dampak pada fisik dan emosi yang terkadang dapat muncul berhari-hari sebelum menstruasi. Gejala ini disebut sindrom pra haid (PMS).

Gangguan Haid yang Banyak Dikeluhkan Oleh Wanita

Banyak wanita yang sering mengeluhkan tentang haidnya. Bahkan pada  saat haid, mereka tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya karena sakit yang ditimbulkan dari haid. Bermacam macam jenis gangguan haid yang sering dialami oleh oleh para wanita. Oleh karena itu, kita sebagai wanita hendaknya mengetahui dan mengenali macam macam gangguan haid, yaitu :

  • Gangguan haid dalam jangka waktu haid yang terlalu lama (oligomenorrhea)

Oligomenorrhea tidak sangatlah berbahaya, namun perempuan dapat memiliki potensi dalam kesulitannya hamil, karena tidak terjadi ovulasi. Yang biasanya berhubungan dengan anovulasi atau dapat juga disebabkan dengan kelainan endokrin seperti kehamilan, dan menopause atau sebab sistemik seperti kehilangan berat badan yang berlebih. Jangka waktu haid yang terlalu lama sering terdapat pada wanita astenis. Dapat juga terjadi pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik dimana pada keadaan ini dapat dihasilkan androgen yang lebih tinggi dari kadar pada wanita yang normal. oligomenorrhea dapat juga terjadi pada stress fisik dan emosional, penyakit kronis, tumor yang mensekresikan estrogen dan nutrisi yang buruk. Ganggu haid pada jangka waktu yang lama dapat disebabkan ketidakseimbangan hormonal pada awal pubertas.

Haid yang terlalu sering adalah gangguan haid yang berbahaya. Terlalu sering haid, misalnya 2 minggu sekali, dapat menyebabkan anemia. Bila siklus pendek namun teratur ada kemungkinan stadium proliferasi pendek atau stadium sekresi pendek atau kedua stadium memendek. Yang paling sering dijumpai adalah pemendekan stadium proliferasi. Bila siklus lebih pendek dari 21 hari kemungkinan melibatkan stadium sekresi juga dan hal ini menyebabkan infertilitas. Siklus yang tadinya normal menjadi pendek biasanya disebabkan pemendekan stadium sekresi karena korpus luteum lekas mati. Hal ini sering terjadi pada disfungsi ovarium saat klimakterium, pubertas atau penyakit kronik seperti TBC.

  • Gangguan haid karena darah haid yang terlalu banyak (menorrhagia)

Darah haid yang terlalu banyak adalah istilah medis untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan. Dalam satu siklus menstruasi normal, perempuan rata-rata kehilangan sekitar 30 ml darah selama sekitar 7 hari haid. Bila perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras (melebihi 80 ml), maka dikategorikan menorrhagia. Penyebab utama menorrhagia adalah ketidakseimbangan jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan endometrium terus terbentuk. Ketika tubuh membuang endometrium melalui menstruasi, perdarahan menjadi parah.

  • Gangguan haid karena darah haid terlalu sedikit (hipomenorea)

Darah haid yang terlalu sedikit (hipomenorea) adalah suatu keadaan dimana jumlah darah haid sangat sedikit, kadang-kadang hanya berupa spotting. Dapat disebabkan oleh stenosis pada himen, servik atau uterus. Pasien dengan obat kontrasepsi kadang memberikan keluhan ini. Hal ini juga dapat terjadi pada hipoplasia uteri dimana jaringan endometrium sedikit.

  • Gangguan haid karena tidak haid sama sekali (amenore)

Haid yang tidak sama sekali adalah tidak ada menstruasi. Istilah ini digunakan untuk perempuan yang belum mulai menstruasi setelah usia 15 tahun (amenore primer) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bulan, padahal sebelumnya pernah menstruasi (amenore sekunder). Amenore primer biasanya disebabkan oleh gangguan hormon atau masalah pertumbuhan. Amenore sekunder dapat disebabkan oleh rendahnya hormon pelepas gonadotropin (pengatur siklus haid), stres, anoreksia, penurunan berat badan yang ekstrem, gangguan tiroid, olahraga berat, pil KB, dan kista ovarium.

Gangguan Haid

Cara Pemesanan Obat Pelancar Haid Normal Haid

Obat Pelancar Haid Tradisional, Herbal dan Alami Kapsul Herbal Normal Haid Membantu Menormalkan Haid Yang Tidak Teratur, Mengurangi Nyeri Pada Saat Haid dan Membersihkan Rahim

Harga Obat Pelancar Haid 1 Botol Isi 80 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket Hemat Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Pelancar Haid:

SMS ke 0852-1617-3280 , tuliskan : Pesan Obat Pelancar Haid Normal Haid, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> IKapsul Herbal Normal Haid Menormalkan Haid Yang Tidak Teratur dan Membersihkan Rahim, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gangguan Haid and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.