Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar

Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar – Setiap wanita yang memasuki masa remaja dan pubertas pasti mengalami menstruasi atau haid. Siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari.  Walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari.

Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar

Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar

Menurut Dr Goel Madhu, Konsultan Kandungan dari Rockland Hospital, New Delhi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seputar periode menstruasi yang tidak teratur. Hal yang melatar belakangi menstruasi tidak lancar, diantaranya Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar :

1. Memahami menstruasi tidak lancar

Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar Siklus menstruasi biasanya terjadi secara teratur. Lamanya perdarahan bisa bervariasi dari 2 sampai 7 hari dengan interval antara 2 siklus (waktu antara periode pertama dan periode berikutnya) sekitar 28 hari. Hilangnya darah rata-rata adalah sekitar 60-100ml. Jadi, jika terjadi penyimpangan dari hal di atas bisa dianggap menstruasi Anda abnormal.

2. Kehamilan

Alasan paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Kadang-kadang kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause). Sementara jika perdarahan melampaui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim).

Siklus yang tidak teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan. Sementara itu, pemberian ASI juga dapat menyebabkan waktu menstrusi Anda terhambat. Hal ini normal dan tidak menjadi masalah.

3. Periode perimenopause

Siklus haid yang tidak teratur juga terjadi pada periode perimenopause. Beberapa perubahan dalam siklus ini biasanya dapat diterima dan tidak memerlukan pengobatan, sementara perdarahan yang berat memerlukan evaluasi lebih lanjut. Pendarahan setelah mencapai menopause adalah suatu yang tidak normal dan harus diselidiki.

4. Kontrasepsi

Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar karena Berbagai bentuk kontrasepsi juga dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur. Penggunaan pil KB juga dapat menyebabkan perdarahan hanya sedikit  atau bahkan mengakibatkan perdarahan berat. Pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan juga dapat menyebabkan haid tidak teratur.

5. Berat badan

Naiknya berat badan yang signifikan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan siklus yang tidak teratur. Kenaikan berat badan yang signifikan dapat menunjukkan adanya gangguan tiroid. Gangguan tiroid sangat umum terjadi pada wanita dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, siklus tidak teratur, lesu dan lain-lain. Berat badan yang berlebihan juga dapat menandakan terjadinya penyakit ovarium polikistik yang merupakan masalah hormonal dan mungkin memerlukan pengobatan.

Berat badan berlebih juga dapat menjadi petunjuk masalah kondisi sistemik seperti kanker dan tuberkulosis. Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan dapat menunjukkan gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia nervosa.

6. Stres emosional

Stres emosional yang berat misalnya, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat juga dapat menyebabkan perdarahan yang tidak teratur.

Cara mengatasi gangguan haid tidak lancar adalah memeriksakan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui penyebab yang membuat haid Anda menjadi tidak lancar. Misalnya adalah penyakit yang terjadi pada rahim Anda, atau juga hal yang lainnya. Selain itu, mengatasi gangguan haid tidak lancar adalah dengan menjaga pola makan dengan baik. Karena pola makan yang buruk akan membuat siklus haid mengalami gangguan. Dan makana n yang kurang sehat akan memberikan efek nyeri atau sakit haid pada wanita. Perlunya menjaga pola makan dengan baik untuk menjaga kesehatan dan untuk membuat siklus haid tetap lancar.

Minum jamu merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan haid tidak lancar. Dibandingkan Anda mengonsumsi jenis obat-obatan kimia yang memberikan efek samping dan kurang baik untuk kesehatan Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba jamu alami untuk membantu mengatasi gangguan haid. Karena jamu terbuat dari bahan alami yang cukup efektif untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Rasanya memang cukup pahit dan tidak enak, namun manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan jika diminum dengan teratur.

Selain dengan cara diatas, cara mengatasi gangguan haid secara alami adalah dengan mengurangi jenis aktivitas yang menimbulkan kelelahan yang maksial. Dan selain itu, hindari jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Untuk penderita penyakit kista, maka sebaiknya hindari jenis makanan instan, cepat saji, pedas, dan asam. Untuk memenuhi kebutuhan dari nutrisi di dalam tubuh misalnya adalah kebutuhan vitamin serta mineral yang bisa membantu untuk mengatasi gangguan haid tidak lancar. Dan selain itu diimbangi juga dengan melakukan olahraga secara teratyr untuk membantu mendapatkan siklus haid yang teratur dan lancar.

Itulah informasi mengenai gangguan haid tidak lancar dan cara mengatasinya.

Faktor Pemicu Haid Tidak Lancar


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gangguan Haid and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>